Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
blog-img-10

Posted by : dani

Tips Mengatasi Sembelit Saat Ibu Hamil

Sembelit pada ibu hamil memang sering terjadi karena meningkatnya hormon progesteron yang terjadi saat hamil. Hormon progesteron yang meningkat di masa kehamilan membuat otot-otot halus di seluruh tubuh, termasuk di bagian saluran pencernaan, menjadi relaks. Akibatnya, usus bergerak lebih lambat dan menyerap lebih banyak air. Hal inilah yang menyebabkan sembelit pada ibu hamil.

 

Tips Mencegah Sembelit Saat Hamil

Sembelit pada ibu hamil bisa dicegah dan diobati dengan mengatur pola makan dan gaya hidup, berikut beberapa tips mencegah sembelit :

Konsumsi sayuran berserat tinggi

Serat dapat meringankan sembelit pada ibu hamil, contoh serat yang bisa dikonsumsi kangkung,brokoli,bayam,pepaya dan alpukat.

Minum air putih 2L-3L/Hari 

Saat usus bergerak lebih lambat, organ tubuh yang satu ini menyerap lebih banyak air sehingga feses menjadi lebih keras. Maka dari itu, kebutuhan akan cairan tubuh dalam jumlah cukup sangat penting untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.

Olahraga teratur agar menjaga metabolisme tubuh

Melakukan aktifitas fisik secara teratur juga dapat membantu mencegah semelit pada ibu hamil. Olahraga ringan sekitar 10-30 menit setiap hari sudah cukup untuk inu hamil.